DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP GUNUNG JATI KEMBARAN

ANAM, CHOIRIL (2018) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP GUNUNG JATI KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
BAB III_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB IV_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan yang berhubungan dengan kreativitas yang dapat diartikan sebagai cara berpikir untuk mengubah atau mengembangkan suatu permasalahan, melihat situasi atau permasalahan dari sisi yang berbeda, terbuka pada berbagai ide dan gagasan bahkan yang tidak umum. Berkaitan dengan hal tersebut, maka seorang guru harus mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga dapat merencanakan pembelajaran dan bahan ajar yang sesuai dengan profil kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII A SMP Gunung Jati Kembaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier dua variabel dan persamaan garis lurus. Subyek dalam penelitian adalah enam siswa, masing-masing dua subyek berkemampuan matematika tinggi, dua subyek berkemampuan matematika sedang dan dua subyek berkemampuan matematika rendah. Temuan pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif subyek matematika tinggi dalam memecahkan masalah persamaan linier dua variabel dan persamaan garis lurus satu subyek memenuhi semua aspek yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan satunya hanya memenuhi dua aspek kelancaran dan keaslian. Kemampuan berpikir kreatif subyek kemampuan matematika sedang hanya memenuhi dua aspek kelancaran dan keaslian. Kemampuan berpikir kreatif subyek kemampuan matematika rendah hanya memenuhi satu aspek keaslian. Hasil ini menunjukan adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tulisan ini diharapkan dapat memberi sumbangan pengetahuan bagi guru tentang kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terutama materi persamaan linier dua variabel dan persamaan garis lurus, dan bagi siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Persamaan Linier Dua Variabel, Persamaan Garis Lurus
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 26 Mar 2018 00:31
Last Modified: 26 Mar 2018 00:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7602

Actions (login required)

View Item View Item