UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PEKALONGAN

ESTI NURUL PRATIWI, (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PEKALONGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER = ESTI NURUL PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II = ESTI NURUL PRATIWI.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB III - ESTI NURUL PRATIWI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB IV = ESTI NURUL PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V = ESTI NURUL PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - ESTI NURUL PRATIWI-4.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN - ESTI NURUL PRATIWI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

lmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji tentan g peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. IPS pada jenjang sekolah dasar mata pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Berdasarkan p engamatan yang diperoleh terkait dengan proses kegiatan belajar mengajar di kelas IV SD Negeri 2 Pekalongan pada mata pelajaran IPS , hasil observasi diketahui bahwa prestasi belajar siswa k elas IV masih rendah . Guru dalam model pembelajaran snowball throwi ng lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan menyimpulkan isi berita atau informasi yang diperoleh dalam konteks nyata dan situasi yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran snowball throwing di kelas IV SD Negeri 2 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2016/2017 . Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam tiga siklus di kelas IV SD Negeri 2 Pekalongan materi mengenal permasalahan sosial di daerahnya menggunakan model pembelajaran snowball throwing , dapat disimpulkan sebagai berikut : Penggunaan model pembelajaran snowball throw ing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I hanya memperoleh jumlah 11,72, jumlah skor mentah 5,8 dengan persentase 36,25 % dan termasuk kategori kurang. Sedangkan pada siklus II m emperoleh jumlah 19,7 jumlah skor mentah 9,85 dengan persentase 61,56 % dan termasuk kategori baik Penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada si klus I hanya memperoleh jumlah 11,72, jumlah skor mentah 5,8 dengan persentase 36,25 % dan termasuk kategori kurang. Sedangkan pada siklus II memperoleh jumlah 19,7 jumlah skor mentah 9,85 dengan persentase 61,56 % dan termasuk kategori baik penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Rata -rata pada siklus I adalah 6,92 dengan ketuntasan belajar 44 %. Pada siklu s II meningkat dengan rata -rata 8,8 dan ketuntasan belajar 100 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Pamujo, M. M., M.Pd 2. Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Prestasi Belajar, Model pembelajaran, snowball throwing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 22 Mar 2018 01:41
Last Modified: 28 Mar 2018 04:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7585

Actions (login required)

View Item View Item