MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI APHPP 1 SMK N 1 KALIBAGOR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

UTOMO, TRI WAHYU (2016) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI APHPP 1 SMK N 1 KALIBAGOR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tri Wahyu Utomo Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Wahyu Utomo Bab I.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Wahyu Utomo Bab II.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text
Tri Wahyu Utomo Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
Tri Wahyu Utomo Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tri Wahyu Utomo Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
Tri Wahyu Utomo Daftar Pustaka.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
Tri Wahyu Utomo Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Problem Based Learning dengan setting kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI APHPP 1 yang berjumlah 32 siswa. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali untuk tes evaluasi. Data kemandirian belajar siswa diperoleh menggunakan observasi dan angket kemandirian belajar, sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dengan menggunakan tes evaluasi kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil observasi dan angket kemandirian belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata sebesar 66,01%; pada siklus II diperoleh perserntase rata-rata sebesar 72,66%; dan pada siklus III diperoleh persentase rata-rata sebesar 79,05%. Hasil tes evaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,84; siklus II diperoleh rata-rata sebesar 71,5; dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,09. Disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Problem Based Learning dengan setting kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd, dan Anton Jaelani, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, kemampuan komunikasi matematis, Problem Based Learning dengan setting kooperatif tipe Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Feb 2017 01:19
Last Modified: 14 Feb 2017 01:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item