MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN UMAT PURBALINGGA

MURNIATUN, HIKMAH (2018) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN UMAT PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
BAB III_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] Text
BAB V_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kaa-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang bisa diamati. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan langkah analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Purbalingga berperan dalam upaya mningkatkan kualitas pendidikan melalui tahap sebagai berikut: (1) perencanaan, kurikulum direncanakan pada saat rapat kerja setiap awal semester, (2) pengorganisasian, dilakukan dengan cara mengatur atau menata unsur manusia dengan pembagian kegiatan secara merata sesuai dengan tugas dan fungsinya. (3) pelaksanaan, kegiatan yang telah direncanakan sudah sesuai dengan program pembelajaran yang telah dirancang sejak awal, walaupun masih ada kendala dari fasilitas yang masih kurang, (4) evaluasi, kegiatan evaluasi ini mencangkup empat segi yaitu segi kurikulum, segi guru, segi sarana prasarana dan segi siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Purbalingga sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari output yang dihasilkan melalui kegiatan manajemen kurikulum baik dari pihak sekolah, guru, maupun siswanya. Dari pihak sekolah dilihat dari keteratutan dan ketertiban administrasi sekolah, pihak guru dilihat dari peningkatan kinerja guru dan pihak siswa dilihat dari prestasi akademik maupun non akademik yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kualitas Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Mar 2018 00:11
Last Modified: 15 Mar 2018 00:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7550

Actions (login required)

View Item View Item