PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROSES TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

TLAGA SASIAN, TATAP (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROSES TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tatap Tlaga Sasian Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TATAP TLAGA SASIAN-BAB 1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TATAP TLAGA SASIAN-BAB 2.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
TATAP TLAGA SASIAN-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
TATAP TLAGA SASIAN-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TATAP TLAGA SASIAN-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
TATAP TLAGA SASIAN-LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Adanya berbagai macam inovasi model-model pembelajaran khususnya dalam pengajaran bahasa di sekolah dasar, peneliti melakukan sebuah inovasi untuk menggunakan pendekatan proses membaca khususnya dalam pengajaran membaca di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan pendekatan proses dalam membaca terhadap keterampilan membaca dan minat membaca siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Pajerukan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian Randomized Subject Posttest Only Control Grup Desain. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Pajerukan dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan membaca siswa menggunakan penilaian unjuk kerja dan minat membaca menggunakan angket. Data dihitung dengan menggunakan uji homogenitas dan uji u. Hasil penelitian pada keterampilan membaca menunjukkan , atau -1,03 < -0,05. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan proses membaca berpengaruh terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil pada minat membaca atau -0,9<-0,05.sehingga Ho tolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan proses dalam membaca berpengaruh terhadap keterampilan membaca nyaring dan minat membaca

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca nyaring, Minat Membaca, dan Pendekatan Proses Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:39
Last Modified: 13 Feb 2017 03:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item