MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK MUHAMMADIYAH I PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

ASHARI, WAHYU (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK MUHAMMADIYAH I PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WAHYU ASHARI COVER.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU ASHARI BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU ASHARI BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
WAHYU ASHARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
WAHYU ASHARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
WAHYU ASHARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
WAHYU ASHARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
WAHYU ASHARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK Muhammadiyah I Purwokerto pada pokok bahasan Matriks melalui pembalajaran Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran semester genap SMK Muhammadiyah I Purwokerto tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan, dua kali pertemuan digunakan untuk mengembangkan materi dan satu kali pertemuan diadakan tes untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. setiap siklus meliputi perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,33 dengan ketuntasan belajar sebesar 53,33%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 68,56 dengan ketuntasan belajar sebesar 70% dan pada siklus III diperoleh niali rata-rata 80,91 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,67%. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X AP SMK Muhammadiyah I Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd dan Eka Setyaningsih, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, Pembelajaran, Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Feb 2018 04:18
Last Modified: 27 Feb 2018 04:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7462

Actions (login required)

View Item View Item