UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL, TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 5 PURWOKERTO

APRILIA I.K, TOTO (2012) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL, TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 5 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TOTO APRILIA I.K COVER.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TOTO APRILIA I.K BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TOTO APRILIA I.K BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
TOTO APRILIA I.K BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
TOTO APRILIA I.K BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
TOTO APRILIA I.K BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
TOTO APRILIA I.K LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran CTL(Contextual Teaching And Learning)siswa kelas VIII E SMP Negeri 5Purwokerto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 5Purwokerto yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki - laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data partisipasi dan prestasi belajar siswa dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil observasi partisipasi siswa dengan menggunakan alat ukur berupa lembar observasi diperoleh data partisipasi dengan rata - rata partisipasi siswa pada siklus I yaitu 45,32 dengan kriteria partisipasi siswa cukup, rata - rata partisipasi siswa siklus II yaitu 49,59 dengan kriteria partisipasi siswa cukup, rata - rata partisipasi siswa siklus III yaitu 54,38 dengan kriteria partisipasi siswa cukup, sehingga dari data yang diperoleh menyatakan bahwa partisipasi siswa untuk setiap siklusnya meningkat. Dan dari hasil tes evaluasi yang dilaksanakan pada setiap siklusnya diperoleh nilai rata - rata tes siklus siswa pada siklus I yaitu 64,25 dengan kriteria baik dan ketuntasan belajar 43,75%, rata-rata nilai tes siswa siklus II yaitu 72,63 dengan kriteria baik dan ketuntasan belajar 75%, dan rata-rata nilai tes siswa siklus III yaitu 76,72 dengan kriteria baik sekali dan ketuntasan belajar 87,5%, sehingga dari data tes siswa yang diperoleh menyatakan bahwa prestasi siswa untuk setiap siklusnya meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata - rata Partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widyastuti, S.Si., M.Si. dan Drs. Joko Purwanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran CTL(Contextual Teaching And Learning)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Feb 2018 04:04
Last Modified: 27 Feb 2018 04:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7459

Actions (login required)

View Item View Item