UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJAR AN IPA MATERI STRUKTUR BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJA RAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN PERMAINAN BINGO DI KELAS V SD NEGERI 2 KALIMANAH WETAN

ARUM KEMALA DEWI, (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJAR AN IPA MATERI STRUKTUR BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJA RAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN PERMAINAN BINGO DI KELAS V SD NEGERI 2 KALIMANAH WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - ARUM KEMALA DEWI.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi struktur bumi melalui model pembelajaran VAK di kelas V SD Negeri 2 Kalimanah Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalimanah Wetan yang berjumalh 26 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar kognitif siklus I diperoleh rata-rata 74,16 dengan persentase 65,38% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,82 dengan persentase 84,62%. Hasil belajar ranah afektif siklus I diperoleh rata-rata 2,72 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,38 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata 2,8 8 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,48 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di SD Negeri 2 Kalimanah Wetan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. 2. Pratik Hari Yuwono, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK), IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 27 Feb 2018 03:54
Last Modified: 27 Feb 2018 03:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7456

Actions (login required)

View Item View Item