PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN ALAT PERAGA BONGKAR PASANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 1 BROBOT

SARI, RUCHIE MARETA (2012) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN ALAT PERAGA BONGKAR PASANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 1 BROBOT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RUCHIE MARETA SARI COVER.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUCHIE MARETA SARI BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUCHIE MARETA SARI BAB II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
RUCHIE MARETA SARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
RUCHIE MARETA SARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
RUCHIE MARETA SARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
RUCHIE MARETA SARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
RUCHIE MARETA SARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada meteri luas bangun datar melalui metode penemuan terbimbing disertai dengan penggunaan alat peraga bongkar pasang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Brobot dengan jumlah 42 siswa yang terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran dan 3 jam pelajaran. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk data hasil belajar aspek kognitif diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan tiap akhir siklus. Untuk memperoleh data hasil belajar siswa aspek afektif menggunakan lembar penilaian aspek afektif, sedangkan hasil belajar aspek psikomotor menggunakan lembar penilaian unjuk kerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, nilai rata-rata aspek kognitif pada siklus I adalah 64,10 dengan ketuntasan klasikal mencapai 69,05%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,05 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,10%. Pada hasil belajar aspek afektif siklus I diperoleh persentase klasikal 67,74%, pada siklus II diperoleh persentase klasikal 85,71%. Sedangkan aspek psikomotor diperoleh persentase klasikal siklus I adalah 70,77% dan siklus II adalah 88,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing disertai dengan penggunaan alat peraga bongkar pasang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Brobot, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd. dan Subuh Anggoro, S.Pi. M.Pi.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Feb 2018 03:38
Last Modified: 27 Feb 2018 03:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7452

Actions (login required)

View Item View Item