PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MENERAPKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA KEGIATAN MEMBUAT SUATU KARYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI KEDONDONG

DIRGANTARA, MARVINDA RIZKI DITA (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MENERAPKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA KEGIATAN MEMBUAT SUATU KARYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI KEDONDONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MARVINDA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARVINDA BAB I.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARVINDA BAB II.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text
MARVINDA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MARVINDA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MARVINDA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
MARVINDA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text
MARVINDA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPA materi menerapkan sifat cahaya pada kegiatan membuat suatu karya melalui metode eksperimen siswa kelas V SD Negeri kedondong . Kegiatan penelitian tindakan kelas ini utamanya untuk memberikan bekal ketrampilan membuat karya periskop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kedondong Kabupaten Banyumas dengan jumlah siswa 24 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Uraian kegiatan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Kegiatan awal dalam menghimpun data pada penelitian ini adalah observasi. Kegiatan observasi bertujuan untuk menghimpun data dan masalah awal dalam pembelajaran pada penelitian tindakan kelas. Tahap akhir penelitian tindakan kelas ini adalah evaluasi yang dilaksanakan pada setiap akhir pertemuan untuk mengidentifikasi ketercapaian hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Data yang dihimpun dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA dengan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi siklus I ke II mencapai angka 79,16% dengan kriteria baik hingga 91,67% dengan memenuhi kriteria yang sangat baik. Aktivitas guru sebagai penghimpun data sekunder adalah Aktifitas guru siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 3,06 nilai tersebut termasuk dalam kriteria baik. Pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 3,67 nilai tersebut dalam kriteria sangat baik. Kriteria itu membuktikan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru dari siklus I sampai dengan siklus II, karena kinerja guru tentang Metode eksperimen menjadi meningkat disetiap siklusnya. Sedangkan untuk aktivitas siswa peningkatan yaitu dari 3,08 menjadi 3,49 dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat dismpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan Prestasi belajar IPA siswa di kelas V SD Negeri Kedondong kecamatan Sokaraja kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.pi,M.pi,M.pd, dan Pratik hariyuwono, MA,
Uncontrolled Keywords: Pestasi Belajar IPA; Pembuatan periskop/garis cakram warna sederhana; Metode eksperimen;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 11 Feb 2017 08:06
Last Modified: 06 Mar 2017 06:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item