PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DIKELAS V SD N 1 PAJERUKAN

SURYANI, LILIS MARTINA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DIKELAS V SD N 1 PAJERUKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LILIS MARTINA COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LILIS MARTINA BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LILIS MARTINA BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
LILIS MARTINA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
LILIS MARTINA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LILIS MARTINA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
LILIS MARTINA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
LILIS MARTINA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SD N 1 Pajerukan yang terdiri dari 25 peserta didik dengan 14 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini alat untuk mengukur hasil belajar peserta didik ranah kognitif dengan menggunakan soal evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan setiap siklusnya. Alat untuk ukur mengukur hasil belajar peserta didik ranah afektif berupa angket rasa ingin tahu dan psikomotor dengan menggunakan lembar penilain psikomotor. Selain itu, juga menggunakan lembar penilaian obervasi guru dan peserta didik untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar ranah kognitif siklus I diperoleh rata-rata 73,3 dengan persentase 68% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,1 dengan nilai persentase 88%. Angket rasa ingin tahu peserta didik diperoleh nilai rata-rata 2,76 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 2,94. Hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,8 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 3,44.Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kompetensi dasar strukutur bumi di kelas V SD N 1 Pajerukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, M.Pi., M.Pd, dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran ARIAS (Assurance; Relevance; Interest; Assessment; Satisfaction); IPA;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 11 Feb 2017 07:23
Last Modified: 11 Feb 2017 07:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item