PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH MELALUI PENERAPAN MODEL KOLABORATIF TEKNIK POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DI KELAS V SEKOLAH DASAR

ERISKA, FELLA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH MELALUI PENERAPAN MODEL KOLABORATIF TEKNIK POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FELLA ERISKA COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FELLA ERISKA BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FELLA ERISKA BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
FELLA ERISKA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
FELLA ERISKA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
FELLA ERISKA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
FELLA ERISKA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
FELLA ERISKA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa pada pelajaran IPA masih rendah melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif Teknik POE (Predict-Observe-Explain). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SD Negeri 2 Somagede yang terdiri dari 23siswa dengan 8siswa laki-laki dan 15siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini alat untuk mengukur hasil belajar peserta didik ranah kognitif dengan menggunakan soal evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklusnya. Alat untuk ukur mengukur hasil belajar peserta didik ranah afektif dengan menggunakan angket. Untuk mengukur hasil belajar ranah psikomotor menggunakan lembar penilain psikomotor. Selain itu, juga menggunakan lembar penilaian obervasi siswa dan guruuntuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian,hasil belajar ranah kognitif siklus I diperoleh rata-rata 73,34 dengan presentase 69,56% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,26 dengan nilai presentase 82,60%. Hasil belajar ranah afektif pada siklus I nilai rata-rata 2,4 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,06, Sedangkan hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,8 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,25. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif teknik POE (Predict-Observe-Explain)dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pembentukan tanah di kelas VA SD Negeri 2 Somagede

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, M.Pi, M.Pd. dan Okto Wijayanti, S.Pd.,M.A.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; POE (Predict-Observe-Explain); IPA; PTK;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 11 Feb 2017 07:14
Last Modified: 11 Feb 2017 07:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item