PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN CILONGOK

ULFIANI, UUN (2018) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Uun Ulfiani COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Uun Ulfiani Bab I.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Uun Ulfiani Bab II.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
Uun Ulfiani Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
Uun Ulfiani Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
Uun Ulfiani Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
Uun Ulfiani Daftar Pustaka.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
Uun Ulfiani LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Rendahnya kemandirian belajar siswa disebabkan karena siswa mempunyai kebiasaan bergantung kepada orang lain. Hal ini berarti siswa mempunyai kebiasaan yang kurang baik dan kemandirian belajarnya masih kurang karena siswa yang mandiri dalam belajar akan mampu mengatasi masalah belajarnya sendiri. Hal itu yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Cilongok tahun ajaran 2016/2017; 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Cilongok tahun ajaran 2016/2017; 3) pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Cilongok tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statisktik. Populasi dalam penelitian siswa kelas IV di Gugus Ki Hajar Dewantara tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 174 siswa. Sampel diambil sebanyak 121 siswa. Data diperoleh dengan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitas. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan: Y= 28,29+0,312X1+0,262X2. Persamaan menunjukkan bahwa kebiasaan belajar memberikan pengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 0,312, motivasi berprestasi memberikan pengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 0,262. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Terdapat pengaruh positif antara kebiasaan belajar terhadap kemandirian belajar. Hasil uji hipotesis pertama membuktikan bahwa ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 0,265. Hal ini terlihat dari nilai t1=2,952 dengan signifikansi 0,004<0,05. Hipotesis pertama terbukti; 2) Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar. Hasil uji hipotesis kedua menjelaskan bahwa ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar sebesar 0,275. Hal ini terlihat dari t2=3,058 dengan signifikansi 0,003<0,05. Hipotesis kedua terbukti; 3) Hasil uji hipotesis ketiga menyimpulkan bahwa ada pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar dengan determinasi sebesar 20,60%. Hal ini terlihat dari F=15,277 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hipotesis ketiga terbukti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd. dan Yudha Febrianta, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Motivasi Berprestasi, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 03 Feb 2018 04:27
Last Modified: 03 Feb 2018 04:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7378

Actions (login required)

View Item View Item