PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG

FASTABIQ AL-KHOIR, MUHAMMAD FAUZI (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab I.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab II.pdf

Download (971kB) | Preview
[img] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Daftar Pustaka.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media flip chart terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an kelas VIII B di SMP Muhammadiyah Ajibarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Ajibarang yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu berupa observasi, angket (kusioner), dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus “r” product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media flip chart dalam mata pelajaran Al-Qur’an. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian “r” product moment rxy sebesar 0,448. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan rtabel 5% sebesar 0,355 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,456. Dengan demikian maka rxy > rtabel pada taraf signifikan 5% dan rxy < rtabel atau dengan kata lain 0,448 > 0,355 dan 0,448 < 0,456. Dari hasil tersebut bisa dikatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikan 5% sedangkan pada taraf signifikan 1% Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil tersebut selanjutnya diinterpretasikan terhadap rxy sebesar 0,448 pada rentang nilai antara 0,40-0,70 berarti terdapat korelasi antara X dan Y yang sedang atau cukup. Media flip chart mempunyai pengaruh terhadap prestasi mata pelajaran Al-Qur’an yang relatif sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Darojat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: media flip chart dan perstasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 03 Feb 2018 04:24
Last Modified: 03 Feb 2018 04:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item View Item