PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA KELAS VII F SMP N 1 SOKARAJA

FARIDA, NIHLA (2012) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA KELAS VII F SMP N 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NIHLA FARIDA COVER.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHLA FARIDA COVER.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHLA FARIDA BAB II.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text
NIHLA FARIDA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
NIHLA FARIDA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NIHLA FARIDA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
NIHLA FARIDA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
NIHLA FARIDA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 1 Sokaraja dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Prosedur pelaksanaan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi keaktifan siswa sedangkan untuk mengukur pemahaman konsep matematika, diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Hasil penelitian didapat hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 50,21%. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 61,17%. Pada siklus III diperoleh rata-rata sebesar 69,99%. Sedangkan dari nilai tes evaluasi pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 57,05 dengan persentase ketuntasan 36,67%. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 67,49 dengan persentase ketuntasan 63,33%. Pada siklus III diperoleh rata-rata sebesar 80,67 dengan persentase ketuntasan 86,67%. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII F SMP N 1 Sokaraja dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pemahaman konsep matematika, pembelajaran kooperatif TPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:34
Last Modified: 02 Feb 2018 02:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7370

Actions (login required)

View Item View Item