PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIBENING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING

KANIYAH, . (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIBENING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
KANIYAH COVER.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KANIYAH BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KANIYAH BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
KANIYAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
KANIYAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
KANIYAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
KANIYAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
KANIYAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada materi bangun kubus dan balok. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kalibening tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep matematika dalam penelitian ini menggunakan lembar angket motivasi dan evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata motivasi belajar pada siklus I sebesar 100,3 dengan kriteria cukup, pada siklus II sebesar 116,6 dengan kriteria baik, dan pada siklus III sebesar 126,7 dengan kriteria baik. Sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep matematika siklus I sebesar 3,24 dengan kriteria baik dan ketuntasan belajar 69,4%, pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,57 dengan kriteria baik dan ketuntasan belajar 77,8%, dan pada siklus III diperoleh skor rata-rata 3,84 dengan kriteria baik dan ketuntasan belajar 88,9%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kalibening.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M. Pd. dan Drs. Ahmad, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, pemahaman konsep, snowball throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 02 Feb 2018 01:57
Last Modified: 02 Feb 2018 01:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7364

Actions (login required)

View Item View Item