GAME EDUKASI MATEMATIKA KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN BERBASIS ANDROID PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

IQBAL FAUZI IRIYANTO, (2017) GAME EDUKASI MATEMATIKA KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN BERBASIS ANDROID PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO - COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB II.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, hal tersebut terbukti dari banyaknya teknologi informasi yang dipakai dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu pemicu terjadinya perubahan pola pikir manusia untuk dapat memperoleh informasi secara cepat dan akurat. Pembuatan game edukasi adalah mengubah cara belajar konvensional menjadi cara belajar simulasi dengan aplikasi game edukasi. Mengembangkan sebuah permainan edukasi yang mampu membuat minat b elajar kembali atau tertarik pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Luter dengan mengacu pada metodologi pengembangan multimedia versi Luter-Sutopo. Menurut Luther (1994) metode pengembangan multimedia terdiri dari 6 tahap yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Game ini memiliki 2 jenis soal yaitu KPK dan FPB, pada game KPK atau FPB pemain harus melewati rintangan yang ada dan harus menjawab soal KPK atau FPB dengan waktu 200 detik. Setiap jawaban yang benar pemain akan mendapat nilai 10 dan jawab yang salah mendapat nilai 0. Berdasarkan hasil ujian alpha dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam g ame edukasi Matematika berbasis android tidak terdapat kesalahan proses dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Ujian beta hasil rata-rata Index dari responden 16 orang sebesar 88,12 %, sehingga termasuk kategori sangat setuju dengan game edukasi yang dibuat untuk membantu pembelajaran siswa mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Sigit Sugiyanto, S.T., M. Eng.,
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Matematika, KPK, FPB
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:50
Last Modified: 23 Sep 2019 05:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7325

Actions (login required)

View Item View Item