PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA FOTO BENCANA ALAM DI KELAS IV SD N EGERI 3 CINDAGA

GALUH WANDITOATI, (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA FOTO BENCANA ALAM DI KELAS IV SD N EGERI 3 CINDAGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
GALUH - COVER..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
GALUH - BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GALUH - BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
GALUH - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
GALUH - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
GALUH - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
GALUH - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Dengan jumlah siswa 28 yang terdiri dari 19 orang siswa putra dan 9 orang siswa putri. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusny a terdiri dari dua kali pertemuan untuk menyampaikan materi dan dua kali pertemuan untuk evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data aktivitas siswa dan guru menggunakan lembar observasi yang diamati setiap pertemuan. Untuk memperoleh data kemampuan menul is siswa dalam penelitian ini menggunakan evaluasi setiap akhir siklus. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata -rata presentase aktivitas siswa pada sikl us 1 adalah 75 % dan siklus 2 adalah 87,5 %. Untuk nilai rata -rata kelas pada siklus 1 adalah 68,68 dengan ketuntasan 64,29%, siklus 2 adalah 76,25 dengan ketuntasan 89,29 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia menulis karanga n narasi melalui pendekatan problem based instruction dengan media foto bencana alam dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Enuh Zaenuddin, M .A 2.Drs. Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: menulis, pendekatan problem based instruction , media, foto, bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:03
Last Modified: 25 Jan 2018 01:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7322

Actions (login required)

View Item View Item