UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SD NEGERI KALISABUK 01 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

NGAMIROTUN, - (2010) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SD NEGERI KALISABUK 01 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NGAMIROTUN COVER.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NGAMIROTUN BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NGAMIROTUN BAB II.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
NGAMIROTUN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
NGAMIROTUN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
NGAMIROTUN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
NGAMIROTUN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
NGAMIROTUN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kalisabuk 01 Cilacap pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Menghargai dan menaati keputusan bersama melalui penerpan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS ). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan.. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Kalisabuk 01 Cilacap yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS ) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kalisabuk 01 dilakukan melalui diskusi berpasangan, Penerapan tipe Think Pair Share ( TPS ) dilakukan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. (1) Keaktifan siswa dari siklus I, II dan III berangsur-angsur meningkat dari 68,75%, 81,25% dan 93,75%. (2) Siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai 20 siswa (62,50%), sebelumnya uji coba awal hanya 14 siswa (43,75%).. Pada siklus II ada peningkatan sehingga jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (75%).. Dilihat dari rerata sudah mencapai batas KKM, namun dari segi ketuntasan klasikal belum tercapai sehingga dilanjutkan tindakan siklus III. Hasilnya cukup memuaskan karena jumlah siswa tuntas sudah mencapai 81,25%

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asep Daud Kosasih, S.Pd, M.Ag., dan Drs.Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN HASIL BELAJAR; PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN; MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF; THINK PAIR SHARE (TPS); MENGHARGAI; MENAATI KEPUTUSAN;
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:41
Last Modified: 24 Jan 2018 02:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item View Item