PE NINGKATKA N HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE DEMONSTRAS I DI KELAS IV SDN 2 GOMBONG

DAHYONO, . (2012) PE NINGKATKA N HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE DEMONSTRAS I DI KELAS IV SDN 2 GOMBONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui metode demonstrasi di kelas IV SD Negeri 2 Gombong . Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Gombong dengan jumlah 26 siswa. Penelitia n Tindakan Kela s dilaksanakan dalam 2 siklus dan s etiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dan setiap pertemu an terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivita s guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada aspek kognitif diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir pertemuan. Untuk memperoleh dat a hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor dengan menggunakan lembar penilaian aspek afektif dan aspek psikomotor . Berdasarkan hasil peletian pada siklus I, h asil belajar siswa pada aspek kognitif presentase ketuntasan belajar yang diperoleh sebesar 73,07 % dan siklus II diperoleh sebesar 88,45 %. Hasil belajar siswa pada aspek afektif pada siklus I diperoleh presentase nilai sebesar 67,5 % dan siklus II diperoleh sebesar 89,12 %. Hasil belajar siswa pada aspek psikomotor siklus I diperoleh presentase nilai sebesar 68,67 % dan siklus II diperoleh sebesar 86,87 %. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa melalui metode demonstrasi menggunkan alat peraga manik -manik dapat meningktakan Hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 2 Gombong Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Subuh Anggoro, S.Pi., M.Pi.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi, Alat Peraga Manik -manik .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 24 Jan 2018 01:42
Last Modified: 24 Jan 2018 01:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item