UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDEN TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMP NEGERI 2 KALIMANAH

AGUSTIN, WARDINI (2012) UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDEN TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMP NEGERI 2 KALIMANAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WARDINI COVER.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WARDINI BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WARDINI BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
WARDINI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
WARDINI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
WARDINI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
WARDINI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Himpunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Kalimanah yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen untuk memperoleh data aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peran aktif digunakan lembar observasi pada setiap pertemuan. Untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dengan menggunakan tes evaluasi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus I rata-rata peran aktif siswa yaitu 50,71% dengan kriteria cukup, dan rata-rata prestasi belajar matematika 48,33 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 25%. Pada siklus II rata-rata peran aktif siswa yaitu 58,64% dengan kriteria cukup, dan rata-rata prestasi belajar matematika 52 dengan ketuntasan secara klasikal 53%. Pada siklus III rata-rata peran aktif siswa yaitu 77,43% dengan kriteria tinggi, dan rata-rata prestasi belajar matematika 61,5 dengan ketuntasan secara klasikal 83%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si dan Erni Widiyastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran aktif; Prestasi; Student Teams Achivement Division;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 24 Jan 2018 01:23
Last Modified: 24 Jan 2018 01:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7298

Actions (login required)

View Item View Item