EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PIDATO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN GAGASAN DALAM KONTEKS BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUTASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PURWANTO, YULI (2012) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PIDATO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN GAGASAN DALAM KONTEKS BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUTASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YULI PURWANTO COVER.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULI PURWANTO BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULI PURWANTO BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
YULI PURWANTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
YULI PURWANTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
YULI PURWANTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
YULI PURWANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
YULI PURWANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)

Abstract

Metode pembelajaran simulasi pidato sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak mengungkapkan gagasan dalam berbicara, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas metode pembelajaran simulasi pidato untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan gagasan dalam konteks berbicara siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutasari dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pura-pura (quasi experiment), dengan model penelitian yang digunakan adalah pretest – posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Data penelitian diambil dengan instrumen berupa tes wawancara yaitu pra tes dan pascates Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan berdasarkan deskripsi tabel distribusi frekuensi nilai sebagai berikut : (1) Frekuensi tertinggi perolehan nilai prates kelas eksperimen berada pada nilai 21 ( 25,8 % ) sebanyak 8 siswa; (2) Frekuensi tertinggi perolehan nilai prates kelas kontrol berada pada nilai 22 ( 29,03 % ) sebanyak 9 siswa; (3) Frekuensi tertinggi perolehan nilai pascates kelas eksperimen berada pada nilai 23 (29,03 %) sebanyak 9 siswa; dan (4) Frekuensi tertinggi perolehan nilai pascates kelas kontrol berada pada nilai 22 ( 32,26 % ) sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran simulasi pidato dapat meningkatkan nilai kemampuan mengungkapkan gagasan berbicara dengan aspek pengucapan, tata bahasa, kosa kata, kelancaran, dan pemahaman secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof.Dr.H. Syamsuddin.AR.MS. dan Dr. Hj. Panca Pertiwi H, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Simulasi Pidato , Gagasan , Konteks berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:58
Last Modified: 23 Jan 2018 03:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7293

Actions (login required)

View Item View Item