PENERAPAN STRATEGI PEMETAAN STRUKTUR ISI BACAAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI BACAAN (Studi Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Bringkeng 03 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013 )

NURSANTO, TRI (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMETAAN STRUKTUR ISI BACAAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI BACAAN (Studi Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Bringkeng 03 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013 ). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI NURSANTO COVER.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURSANTO BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURSANTO BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
TRI NURSANTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
TRI NURSANTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
TRI NURSANTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
TRI NURSANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
TRI NURSANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Membaca merupakan bagian yang amat penting dalam kehidupan manusia karena dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan sehingga kehidupan akan lebih maju. Kemampuan pemahaman membaca di kelas V SD di Indonesia masih rendah, hal ini perlu ditingkatkan. Usaha yang dilakukan peneliti adalah menerapkan SPSIB, dengan mengangkat permasalahan: (1) apakah SPSIB dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memamahami isi bacaan, (2) apakah SPSIB dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi bacaan.Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dari kelas V SD Negeri Bringkeng 03, yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes pilihan ganda dan unjuk kerja dengan menceritakan isi bacaan secara tertulis dengan berpedoman pada PSIB kemudian membacakannya. Teknik analisis data menggunakan uji komparasi (t-test) dengan independent sample t-test dan correlated sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SPSIB dapat meningkatkan kemampuan sisiwa dalam pembelajara membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan membandingkan hasil belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, hasil uji komparasi (t-test). Independent sample t-test menunjukkan angka sebesar 4,236 yang lebih besar dari nilai tabel yaitu 2,763, sedangkan hasil correlated sample te-test menunjukkan angka kelompok 4,583 yang lebih besar dari nilai tabel (t) yaitu 2,977. Berdasarkan hasil tersebut diatas, maka hipotesis SPSIB efektif dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca pemahaman khususnya dalam memahami dan menceritakan kembali isi bacaan di Kelas V SD Negeri Kecamatan Kawunganten terbukti dan dapat diterima. Saran, SPSIB merupakan salah strategi pembelajaran membaca pemahaman yang efektif agar bisa digunakan dan dikembangkan oleh para tenaga kependididkan khususnya guru Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. R. Hj. Panca Pertiwi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Struktur Isi Bacaan, Menceritakan Isi Bacaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:44
Last Modified: 23 Jan 2018 03:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item