PENGARUH PELATIHAN GERAK MATA TERHADAP KECEPATAN DAN EFEKTIVITAS MEMBACA SISWA (Studi Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas 7 SMPNegeri 2 Tambak, Banyumas)

SUSILO, . (2012) PENGARUH PELATIHAN GERAK MATA TERHADAP KECEPATAN DAN EFEKTIVITAS MEMBACA SISWA (Studi Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas 7 SMPNegeri 2 Tambak, Banyumas). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUSILO COVER.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSILO BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSILO BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SUSILO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
SUSILO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
SUSILO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
SUSILO BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
SUSILO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
SUSILO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Standar kecepatan membaca siswa setingkat SMPdi Indonesia adalah 140 sampai 175 kpm dan efektivitas membaca adalah 50 sampai 70 kpm. Penulis melakukan penelitian dengan melakukan pelatihan gerak mata untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kecepatan dan efektivitas membaca. Setelah diteliti dan dibahas maka didapatkan hasil penelitian, yaitu pada kelas eksperimen rata-rata kecepatan membaca siswa berubah dari 144 kpm saat pretes menjadi 149 kpm saat postes.Efektivitas membaca naik dari 39 kpm saat pretes menjadi 57 kpm saat postes. Kelas kontrol yang tidak diberi pelatihan gerak mata tidak mengalami kemajuan seperti terlihat pada kecepatan membacanya dari 145 kpm menjadi 138 kpm dan efektivitas membacanya saat pretes 26,1 kpm menjadi 26,6 kpm saat postes. Melalui rekaman video diketahui siswa yang kecepatan membacanya lebih tinggimelakukan fiksasi lebih sedikit daripada siswa yang lebih lambatkecepatan bacanya. Ini menunjukkan anak yang kecepatan bacanya lebih tinggi telah menerapkan hasil latihan yaitu mengefektifkan gerakan matanya pada saat membaca. Akhirnya saran yang dapat diberikan adalahguru perlu membuat variasi dan inovasi, memanfaatkan berbagai sumber agar menantang siswadan mengembangkan potensi siswa melalui pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Kosadi Hidayat, M. Pd. dan Dr. Maman Suryaman, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: gerak mata, kecepatan membaca, efektivitas membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:40
Last Modified: 23 Jan 2018 03:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item