KEEFEKTIFAN STRATEGI INKUIRI DAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI Studi Ekperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bantarkawung di Kabupaten Brebes

SUEDI, . (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI INKUIRI DAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI Studi Ekperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bantarkawung di Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUEDI COVER.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUEDI BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUEDI BAB II.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
SUEDI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
SUEDI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
SUEDI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
SUEDI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
SUEDI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) keefektifan strategi inkuiri dalam meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi, (2) keefektifan strategi ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi, (3) strategi pembelajaran inkuiri lebih efektif dinading strategi ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bantarkawung kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis mengadakan penelitian kuasi dengan menetapkan kelas VIIB sebagai kelas kontrol dengan strategi ekspositori dan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen untuk perlakuan startegi inkuiri. Pengambilan data dilakukan dengan tes tertulis untuk mengukur kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil : (1) strategi inkuiri efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi terbukti diperoleh nilai t hitung = 10,620. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh t tabel 1,697. Maka t hitung (10,620) > t tabel (1,697), (2) strategi ekspositori efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi ditunjukkan dari hasil pretes dan posttest menggunakan gunakan strategi ekspositori dengan uji t, diperoleh nilai t hitung = 7,694. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh t tabel 1,697. Maka t hitung (7,694) > t tabel (1,697), (3) strategi inkuiri lebih efektif dibandingkan strategi ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi berdasarkan perolehan nilai t hitung = 2,102. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh t tabel 1,671. Maka t hitung (2,102) > t tabel (1,671).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Parwati Maryam Sidharta, Dip.TEFL
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Inkuiri, Ekspositori, Menulis Pengalaman Pribadi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:28
Last Modified: 23 Jan 2018 03:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7285

Actions (login required)

View Item View Item