EFEKTIVITAS METODE CIRC DIBANDINGKAN METODE SQ3R DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

KASTAM, - (2013) EFEKTIVITAS METODE CIRC DIBANDINGKAN METODE SQ3R DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
KASTAM COVER.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KASTAM BAB I.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KASTAM BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
KASTAM BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
KASTAM BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
KASTAM BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
KASTAM BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
KASTAM DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
KASTAM LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) minat baca siswa dibawah 40%, (2) minimnya sumber bacaan yang dimiliki perpustakaan sekolah, (3) kunjungan siswa ke perpustakan rata-rata 16,97 perhari, (4) pembelajaran bahasa Indonesia bersifat teacher centered, (5) pembelajaran dengan menggunakan LKS namun siswa malas membaca petunjuk kerja, (6) belum diterapkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan membaca secara tepat. Kondisi tersebut berdampak pada (a) hasil ulangan harian kelas VII hanya 35% yang mencapai batas tuntas (b) hasil ulangan semester I masih dibawah KKM (>70). Setelah dianalisis diketahui siswa kesulitan dalam menjawab soal pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifitas metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (2) efektivitas metode SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, dan (3) memilih mana yang lebih efektif dari kedua metode tersebut dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Desain. Data kemampuan membaca pemahaman dikumpulkan dengan tes. Sebelum dianalisis data dicari tingkat normalitasnya dengan uji kolmogorov smirnov dan homogenitasnya dengan uji levene statistic. Setelah data normal dan homogen, kemudian dianalisis dengan uji t sampel berpasangan (paired t test) terhadap nilai pretest dan posttest masing-masing kelas. Analisis juga dilakukan terhadap nilai posttes dari masing-masing kelas dengan uji independent sampel t test dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) t hitung metode CIRC sebesar (4.229) > t tabel (2.000) dan selisih nilai posttest sebesar 8,38 sehingaa penerapan metode CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (2) analisis t hitung metode SQ3R sebesar (5.637) > t tabel (2.000) dan selisih nilai hasil posttest sebesar 11,93 sehinga penerapan metode SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (3) dari kedua metode diketahui t hitung (2.162) > t tabel (2.000) dan terdapat selisih nilai hasil posttest sebesar 4,84. Dengan demikian metode SQ3R secara signifikan lebih efektif dari metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kesugihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing Dr. Fahruroji, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Membaca Pemahaman, CIRC, SQ3R.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 02:15
Last Modified: 23 Jan 2018 02:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7266

Actions (login required)

View Item View Item