ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN KEHADIRAN MAHASISWA TERHADAP NILAI KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN TEORI KUANTIFIKASI FUZZY

WIBOWO, FERI (2012) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN KEHADIRAN MAHASISWA TERHADAP NILAI KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN TEORI KUANTIFIKASI FUZZY. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FERI WIBOWO COVER.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERI WIBOWO BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERI WIBOWO BAB II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
FERI WIBOWO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
FERI WIBOWO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
FERI WIBOWO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FERI WIBOWO BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
FERI WIBOWO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
FERI WIBOWO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mutu perguruan tinggi tergantung dari beberapa faktor salah satunya adalah faktor dosen dan mahasiswa. Faktor dosen dapat dinilai dari kompetensinya, sedangkan mahasiswa dapat dinilai dari kehadiran dan nilai kelulusan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor kualitatif penilaian mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dosen dan kehadiran mahasiswa terhadap nilai kelulusan mahasiswa. Oleh karena itu digunakan metode kuantifikasi untuk menjelaskan nilai yang bersifat kualitatif atau linguistik ke dalam rentang nilai [0 1], dalam hal ini digunakan metode Fuzzy quantification theory I. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik dosen terhadap tingkat kehadiran mahasiswa dengan nilai koefiesien korelasi r = 0.254241 atau R = 25.4241 %, terdapat hubungan positif antara kehadiran mahasiswa terhadap tingkat nilai kelulusan mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi r = 0.705345 atau R = 70.5345 dan menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dosen yang paling berpengaruh terhadap nilai akhir mahasiswa adalah faktor kemampuan dosen menghidupkan suasana kelas. Hal ini ditunjukkan dengan tambahan konstribusi dari faktor kemampuan dosen menghidupkan suasana kelas sebesar 0.862.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hindayati Mustafidah, S.Si., M.Kom dan Dwi Ariyanto, S.T.
Uncontrolled Keywords: Fuzzy quantification theory, kualitatif, kompetensi pedagogik, penilaian mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 01:45
Last Modified: 23 Jan 2018 01:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7252

Actions (login required)

View Item View Item