PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Tegal)

FAHRUROJI, - (2014) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Tegal). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FAHRUROJI COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAHRUROJI BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAHRUROJI BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
FAHRUROJI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
FAHRUROJI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
FAHRUROJI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
FAHRUROJI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
FAHRUROJI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mind mapping terhadap kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tegal dengan dilatarbelakangi kondisi bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks pidato masih sangat rendah Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretespostes control group desain. Populasinya adalah siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tegal dengan sampel dua kelas yaitu kelas IX D sebagai kelompok kontrol dan IX E sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian ini berupa naskah teks pidato, hasil kerja siswa melalui proses pembelajaran menggunakan mind mapping untuk kelompok eksperimen dan naskah teks pidato hasil kerja siswa melalui pembelajaran menggunakan teknik konvensional (tidak menggunakan mind mapping). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan tujuan untuk mengukur keefetifan hasil belajar menulis naskah teks pidato dengan penerapan mind mapping Analisis data dengan uji t dengan bantuan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa deskripsi variabel yang dianalisis, yang meliputi rata-rata (mean) pada kelompok kontrol sebesar 72.50 dengan standar deviasi 5.69925 dan pada kelompok eksperimen ratarata sebesar 81.00 dengan standar deviasi 3.19722. Sedangkan berdasar uji analisis diperoleh data t hitung dengan df 56 yaitu 6.883 >1,67 maka H0 ditolak (Ha diterima). Perhitungan taraf 5% untuk dk = 66 diperoleh t hitung = 6,883 dan t tabel = 1,67, hal ini menunjukkan bahwa tabel hitung dengan t tabel yaitu 6,883>1,67 sehingga bunyi hipotesisnya adalah signifikan. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “adanya Ha : ada pengaruh teknik mind mapping terhadap kemampuan menulis pidato pada Siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 diterima, Ho ditolak .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembinbing: Santhy Hawanti, Ph. D. dan Dr. Suwartono, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Teknik mind mapping, menulis teks pidato
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 01:29
Last Modified: 23 Jan 2018 01:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7250

Actions (login required)

View Item View Item