UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA TIRAI PECAHAN DI KELAS IV SD

VAUZIAH, SINTA LATIVATUL (2016) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA TIRAI PECAHAN DI KELAS IV SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SINTA LATIVATUL VAUZIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ada pada setiap jenjang pendidikan. Sebagian siswa menggangap matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian adalah pembelajaran melalui model pembelajaran langsung menggunakan media tirai pecahan diupayakan dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Pernasidi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi. Peningkatan aspek kedisiplinan siswa menggunakan angket serta lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian kedisiplinan siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 2.98 dengan kriteria baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 3.52 dengan kriteria sangat baik, untuk prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 80.6 dengan ketuntasan belajar 76.47 %, siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 89.8 dengan ketuntasan belajar 88.23 %. Rata-rata untuk aktivitas siswa pada siklus I adalah 2.6 dengan kriteria baik. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 3.11 dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran langsung menggunakan media tirai pecahan dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri 2 Pernasidi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn. M.A.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Langsung, Media Tirai Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:16
Last Modified: 22 Jan 2018 04:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7242

Actions (login required)

View Item View Item