PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS VSD NEGERI I PURWOJATI

TRIASTUTI, MAHMUDAH (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS VSD NEGERI I PURWOJATI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Mahmudah Triastuti Cover.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mahmudah Triastuti Bab I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mahmudah Triastuti Bab II.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
Mahmudah Triastuti Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
Mahmudah Triastuti Bab Iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] Text
Mahmudah Triastuti Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
Mahmudah Triastuti Daftar Pustaka.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
Mahmudah Triastuti Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitiantindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi dengan model pembelajaran cooperative Learning tipe NHT (Numbered Head Together). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Purwojati, dengan jumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana dalam setiap kali pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur penelitian ini merujuk pada model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, untuk memperoleh data motivasi belajar diperoleh dari angket motivasi belajar sedangkan untuk memperoleh prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,47 dengan kriteria termotivasi dan pada siklus II naik menjadi 81,67 dengan kriteria sangat termotivasi. Prestasi belajar siswa dari dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I dari 27 siswa, siswa yang tuntas adalah 19 siswa dan yang tidak tuntas adalah 8 siswa, nilai rata-rata siklus I adalah 75,54 dengan ketuntasan belajar secara klasikalnya mencapai 70,38%. Sedangkan pada siklus II dari 27 siswa, siswa yang tuntas adalah 26 siswa dan yang tidak tuntas adalah 1 siswa, nilai rata-rata siklus II adalah85,19dengan ketuntasan belajar secara klasikalnya mencapai 96,30% .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo. MM.,M.Pd. dan Muhammad Afandi. S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar,IPS, NHT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 22 Jan 2018 03:57
Last Modified: 22 Jan 2018 03:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7238

Actions (login required)

View Item View Item