EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS BERITA DI KORAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

SAPUTRO, WASONO ARDI (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS BERITA DI KORAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Wasono Ardi Saputro Cover.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wasono Ardi Saputro Bab I.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wasono Ardi Saputro Bab II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
Wasono Ardi Saputro Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
Wasono Ardi Saputro Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Wasono Ardi Saputro Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
Wasono Ardi Saputro Daftar Pustaka.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
Wasono Ardi Saputro Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas kemampuan menulis cerpen antara kelompok siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis berita di koran dengan kelompok siswa yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XII SMA Negeri Patikraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA1,2,3 dan kelas XII IPS1,2,3,4,5 SMA Negeri Patikraja Banyumas Semester Gasal Tahun Pelajaran 2012/2013, sedangkan sampel kelompok eksperimen adalah kelas XII IPS.3 dan sampel kelompok kontrol adalah kelas XII IPS.1. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis berita di koran dalam menulis cerpen berdampak positif. Siswa lebih mudah dalam menulis cerpen. Siswa dapat melengkapi aspek formal cerpen (judul, nama pengarang, dialog, narasi); dapat melengkapi unsur instrinsik cerpen (plot, tokoh, latar, sudut pandang, pengembangan tema); dapat memadukan struktur cerpen (kaidah plot, dimensi tokoh, dimensi latar); dapat menggunakan bahasa cerpen (kaidah EYD, keajegan penulisan, ragam bahasa). Siswa lebih aktif, inovatif, kreatif , pembelajaran lebih efektif, dan menyenangkan. Hal ini disebabkan siswa dihadapkan secara langsung dengan materi yang dituntut untuk diselesaikan (kemampuan menulis cerpen) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis berita di koran. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa nilai ( t hitung = 8,149>) t tabel = 1,997 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan df = 66, maka t hitung (8,149) >t tabel (1,997). Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis berita di koran terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XII SMA Negeri Patikraja Banyumas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof.Dr.H. Kosadi Hidayat, M.Pd. dan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), berita di koran, menulis cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 22 Jan 2018 02:21
Last Modified: 22 Jan 2018 02:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item View Item