PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 6 PURWOKERTO

ANJARSARI, KAROLISNA (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 6 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
BAB III_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
BAB IV_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_KAROLISNA ANJARSARI_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 6 Purwokerto melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pokok bahasan Segiempat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Purwokerto yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama dengan waktu 2 x 40 menit untuk pembelajaran dan pertemuan kedua dengan waktu 3 x 40 menit untuk pembelajaran dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peran aktif siswa. Untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa dalam menguasai materi yang telah diberikan, pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi.. Hasil penelitian pada pembelajaran matematika menunjukkan bahwa penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan peran aktif siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata peran aktif siswa 1,7, siklus II 2,2, dan siklus III 2,5. Untuk menunjukkan peningkatan pretasi belajar siswa, pada siklus I nilai rata – ratanya 70,3 dengan ketuntasan belajar 47,1%, siklus II nilai rata – rata 71,8 dengan ketuntasan 70,6%, dan siklus III nilai rata – ratanya 78,6 dengan ketutasan 79,4%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si., dan Drs. Ahmad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: group investigation, peran aktif, prestasi belajar matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Jan 2018 02:11
Last Modified: 22 Jan 2018 02:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item