PENGARUH MULTIMEDIA VIRTUAL REALITY TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJIBARANG DALAM MEMPELAJARI KONSEP IPA BIOLOGI

ULFA, RIVIA (2012) PENGARUH MULTIMEDIA VIRTUAL REALITY TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJIBARANG DALAM MEMPELAJARI KONSEP IPA BIOLOGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rivia Ulfa Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rivia Ulfa Bab I.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rivia Ulfa Bab II.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
Rivia Ulfa Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
Rivia Ulfa Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rivia Ulfa Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
Rivia Ulfa Daftar Pustaka.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
Rivia Ulfa Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia Virtual Reality terhadap pemahaman dan kemampuan analisis siswa telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ajibarang pada semester genap bulan April tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sample secara cluster random sampling. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang yang terdistribusi dalam kelompok besar (kelas) yang ditentukan berdasarkan undian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 80,58 dan pada kelas kontrol sebesar 59,71. Hasil uji t menunjukkan thitung = 23,57 > t tabel 2,27. Hasil observasi aktivias belajar siswa yang terkait kemampuan analisis diperoleh persentase rata-rata untuk kategori Sangat Baik, Baik dan Cukup secara urut: Kemampuan mengobservasi objek 4,46 %, 34,33% dan 11,92%. Kemampuan menganalisis 0%, 25,42%, dan 11, 18%. Kemampuan menafsirkan data 0%, 18,74%, dan 15,71%. Kemampuan mengintepretasikan data 0%, 17,91%, dan 15,8%. Kemampuan menghubungkan konsep 0%, 16,42%, dan 12,68%. Kemampuan kemampuan menyimpulkan 2,21%, 40,37% dan 12,03%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan multimedia Virtual Reality berpengaruh terhadap pemahaman dan kemampuan analisis siswa dalam mempelajari konsep IPA Biologi Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan analisis, Pemahaman, Multimedia Virtual Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 22 Jan 2018 01:49
Last Modified: 22 Jan 2018 01:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7213

Actions (login required)

View Item View Item