UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 AYAH

PAMBUDI, INDRA SETYO (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 AYAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (768kB) | Preview
[img] Text
BAB III_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] Text
BAB IV_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_INDRA SETYO PAMBUDI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C di SMP Negeri 2 Ayah yang terdiri dari 36 siswa. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan untuk penyampaian materi dan satu kali pertemuan diberikan tes evaluasi. Untuk memperoleh data motivasi dan prestasi belajar siswa, dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata observasi motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 2,1, rata-rata observasi motivasi belajar siswa pada siklus II yaitu 2,56 dan rata-rata observasi motivasi belajar siswa pada siklus III yaitu 3,13. Sedangkan skor angket motivasi siswa pada siklus I yaitu 43,70, skor angket motivasi siswa pada siklus II yaitu 49,07 dan skor angket motivasi siswa pada siklus III yaitu 54,67. Untuk nilai rata-rata tes evaluasi siswa pada siklus I yaitu 70,14, nilai rata-rata tes evaluasi siswa pada siklus II yaitu 70,38 dan nilai rata-rata tes evaluasi siswa pada siklus III yaitu 78,61. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata motivasi dan prestasi belajar matematika siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widyastuti, S.Si. M.Si., dan Drs. H. Kusno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Jan 2018 01:20
Last Modified: 22 Jan 2018 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7209

Actions (login required)

View Item View Item