PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 WANGON

NURYANTO, DWI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 WANGON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB IV_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DWI NURYANTO_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP N 1 Wangon melalui pembelajaran berbasis masalah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 1 Wangon dengan jumlah siswa 37 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pertemuan pertama dengan alokasi watu 2 x 40 menit dan pertemuan kedua 3 x 40 menit, dengan 1 x 40 menit terakhir untuk tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dari tanggal 25 November – 3 Desember 2011. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap akhir siklus diadakan tes. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata - rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 57,41 dengan ketuntasan belajar 32,43%, pada siklus II nilai rata - rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 68,00 dengan ketuntasan belajar 54,05% dan pada siklus III nilai rata - rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 78,16 dengan ketuntasan belajar 89,19% . Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Wangon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si., dan Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pemecahan, berbasis, masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Jan 2018 00:29
Last Modified: 22 Jan 2018 00:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7194

Actions (login required)

View Item View Item