PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 5 PURWOKERTO

RACHMAWATI, AULIA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 5 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AULIA RACHMAWATI_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Purwokerto melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Purwokerto yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 2 jam pelajaran (2 x 40 menit) untuk pembelajaran dan 1 jam pelajaran (3x40 menit) untuk tes evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes evaluasi. Hasil penelitian pada pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini dapat meningkatkan kepercayan diri dan pemahaman konsep matematika siswa. Pada siklus I rata-rata kepercayaan diri siswa 2,3 dengan kriteria rendah meningkat pada siklus II menjadi 2,9 dengan kriteria tinggi dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 2,9 dengan kriteria tinggi. Pemahaman konsep matematika siswa siklus I memperoleh nilai ratarata 72,2 dengan ketuntasan belajar 47,6% meningkat pada siklus II dengan nilai ratarata 73,78 dengan ketuntasan belajar 73,52% dan meningkat lagi pada siklus III dengan nilai rata-rata 88,24 dengan ketuntasan belajar 81,60%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H.Kusno,M.Pd., dan Chumaedi.S,S.Si.M.Si
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, Pemahaman Konsep Matematika, Kooperatif Tipe TPS
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Jan 2018 00:19
Last Modified: 22 Jan 2018 00:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7191

Actions (login required)

View Item View Item