PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI JENIS -JENIS USAHA DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN SUDIMARA

DWI HARTINI, (2012) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI JENIS -JENIS USAHA DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN SUDIMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI HARTINI- COVER.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HARTINI- BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HARTINI- BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HARTINI- BAB III.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HARTINI- BAB IV.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HARTINI- BAB V.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HARTINI- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sudimara tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS materi Jenis -jenis usaha di Indonesia dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subyek dalam penelitian kelas ini adala h siswa kelas V SD Negeri Sudimara yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit untuk setiap pertemuan. Tekni k pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes yakni angket dan lembar observasi. Untuk mengukur prestasi belajar siswa dalam menguasai pelajaran yang diberikan, setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data hasil pembelajaran IPS menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatka n minat dan prestasi belajar siswa. Pada pelaksanaan tes siklus I diperoleh tingkat ketuntasan 52,50% kemudian meningkat menjadi 97,50% pada siklus II. Kemudian minat belajar siswa juga meningkat yakni pada siklus I skor rata -rata adalah 3, 47 atau berkatag ori siswa berminat maka pada siklus II menjadi 4, 52 atau berkatagori sangat berminat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Pamujo, M.Pd 2. Dr. Sumadi Sutrijat
Uncontrolled Keywords: Minat dan Prestasi Belajar, Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:09
Last Modified: 18 Jan 2018 02:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7169

Actions (login required)

View Item View Item