PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGEBATAN TAHUN 2012/2013

FITRIANINGRUM, AFRI LAILA (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGEBATAN TAHUN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AFRI LAILA COVER.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFRI LAILA BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFRI LAILA BAB II.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
AFRI LAILA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
AFRI LAILA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
AFRI LAILA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
AFRI LAILA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
AFRI LAILA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar IPA, 2) Pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar IPA, 3) Interaksi model pembelajaran keterampilan proses sains, pembelajaran langsung dan kemandirian siswa siswa terhadap prestasi belajar IPA. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pangebatan tahun pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IV A dan kelas IV B kemudian pengambilan sampelnya dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak atau random sampling yaitu kelas IV B dengan model pembelajaran keterampilan proses sains dan kelas IV A dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji anava dua arah. Dari uji hipotesis dapat disimpulkan yaitu: 1) model pembelajaran keterampilan proses sains berpengaruh terhadap prestasi dengan Fhit> Ftab (6.098>3.99), 2) kemandirian siswa siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA dengan Fhit> Ftab (4.146>3.14), 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian siswa siswa terhadap prestasi belajar IPA dengan Fhit< Ftab (0.006<3.14).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Isvasta Eka, M. Si., dan Drs. Sony Irianto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; kemandirian siswa dan prestasi belajar IPA;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:12
Last Modified: 17 Jan 2018 07:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item View Item