PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP SIKAP KESANTUNAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

RUNDIATI, ENI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP SIKAP KESANTUNAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Eni Rundiati Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eni Rundiati BAB I.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eni Rundiati BAB II.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
Eni Rundiati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Eni Rundiati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Eni Rundiati BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
Eni Rundiati Daftar Pustaka.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
Eni Rundiati Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Inkuiri terhadap sikap kesantunan berbahasa dan kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi) yang melibatkan 2 kelompok tidak sepadan (Non-Equal Groups dan menggunakan desain Pretest-Postes Control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bobotsari Purbalingga yang terdiri atas 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 290 orang, sedangkan sampelnya adalah 4 kelas, yaitu VII A dan VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C dan VII D sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data tentang sikap kesantunan berbahasa siswa adalah angket jenis tertutup dan observasi, sedangkan untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita pendek melalui tes. Penelitian ini membahas tentang ciri-ciri kesantunan berbahasa meliputi: (1) identitas sosial budaya para partisipan, (2) topik pertuturan, (3) konteks waktu, situasi, dan tempat pertuturan berlangsung, dan (4) tujuan pertuturan. Selain itu, penelitian ini juga membahas tentang karakteristik Metode Inkuiri meliputi: (1) menekankan aktivitas siswa, (2) pemecahan masalah, dan (3) mengembangkan kemampuan berpikir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Inkuiri berpengaruh positif terhadap sikap kesantunan berbahasa dan kemampuan menulis teks cerita pendek. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik melalui uji t, terhadap sikap kesantunan berbahasa diperoleh nilai t hitung kelompok eksperimen dan kelompok kontrol lebih besar dari t table = 1,667 dengan taraf signifikasi α = 0,05. Hal tersebut dapat diartikan bahwa Metode Inkuiri berpengaruh positif terhadap sikap kesantunan berbahasa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bobotsari, Purbalingga. Pengaruh Metode Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek dalam penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik melalui uji t, diperoleh nilai t hitung pada dua kelompok kontrol dan dua kelompok eksperimen lebih besar dari nilai t table = 1,667 dengan taraf signifikasi α = 0,05. Hal tersebut dapat diartikan bahwa Metode Inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bobotsari, Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Suwartono, M.Hum. dan Prof. Dr. H. Kosadi Hidayat, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Sikap Kesantunan Berbahasa, Menulis, Teks Cerita Pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Feb 2017 06:46
Last Modified: 09 Feb 2017 06:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item