PENINGKATAN KESIAPAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP GUNUNGJATI I PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

ABDULLAH, MEY (2010) PENINGKATAN KESIAPAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP GUNUNGJATI I PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MEY ABDULLAH COVER.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEU ABDULLAH BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEU ABDULLAH BAB II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
MEY ABDULLAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
MEU ABDULLAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
MEU ABDULLAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
MEY ABDULLAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan belajar dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Faktorisasi Suku Aljabar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Gunungjati 1 Purwokerto yang berjumlah 44 siswa, terdiri dari 22 orang siswa putra dan 22 orang siswa putri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi, evaluasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data kesiapan belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket kesiapan belajar, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan tes yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, kesiapan belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 57,77 , pada siklus II diperoleh rata-rata 73,20 , dan pada siklus III diperoleh rata-rata 81,97. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 61,36%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,82 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 79,55%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,32 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 88,64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kesiapan belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Gunungjati 1 Purwokerto tahun 2009/2010.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S.Si., M.Si. dan Drs. Ahmad, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar; Prestasi belajar matematika; Kooperatif Tipe NHT;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:36
Last Modified: 17 Jan 2018 02:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7128

Actions (login required)

View Item View Item