PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN K OOPE RATIF TWO - STAY TWO - STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI KARANGDADAP

SUPRIHYATIN, WARSI (2014) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN K OOPE RATIF TWO - STAY TWO - STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI KARANGDADAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPA materi Sumber daya Alam peserta didik kelas IV SD Negeri Karangdadap. Hasil belajar yang diteliti meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas IVA yang berjumlah 23 dan siswa kelas IVB yang berjumlah 26 siswa. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Penelitian ini diawali dengan mengadakan pre tes, pemberian perlakuan dan pos tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara tes dan nontes. Teknik pengumpulan data dengan cara nontes digunakan untuk mengumpulkan data aspek afektif yang berupa angket dan aspek psikomotor yang berupa ratingscale dengan menggunakan indikator sikap tanggungjawab. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji Man Withney . Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh aspek kognitif yaitu Z < - Zα/2 atau -2,213 < -0,01, aspek afektif yaitu Z < - Zα/2 atau -2,282 < -0,01, aspek psikomotor yaitu Z < - Zα/2 atau -2,395 < -0,01. Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPA materi Sumber daya Alam peserta didik kelas IV SD Negeri Karangdadap pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph. D., dan Cicih Wiarsih, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, pendekatan pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray , Sumber Daya Alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:19
Last Modified: 17 Jan 2018 02:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7124

Actions (login required)

View Item View Item