STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOGNITIF ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGA N PEMBELAJARA N BERBASIS PROYEK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUMIAYU

MENISTY, TRI YUDIAN (2015) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOGNITIF ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGA N PEMBELAJARA N BERBASIS PROYEK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif matematika dengan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) lebih baik dari pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bumiayu tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bumiayu tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yang dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling , yaitu peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B yang tiap kelas terdiri dari 30 peserta didik. Kelas VIII A merupakan kelas eksperimen I yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, kelas VIII B merupakan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan pengujian statistik uji-t terhadap data nilai post-test menggu nakan SPSS 16.0, diperoleh bahwa nilai = -2,157 yang dibandingkan dengan nilai = -2,002. Maka nilai , yang mana nilai berada pada daerah penolakan . Selain itu diperoleh p-value = 0,0175. Karena p-value < α maka berada p-value di daerah penolakan . Dengan kata lain hasil belajar kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si, dan Chumaedi Sugihandardji, M.Si,
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:14
Last Modified: 17 Jan 2018 02:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7122

Actions (login required)

View Item View Item