PENINGKATAN MOTIVASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE CROSSWORD PUZZLE DI KELAS IV SD NEGERI KEBONMANIS 01 CILACAP

WIJAYANTI, IMANNIA YULINDA (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE CROSSWORD PUZZLE DI KELAS IV SD NEGERI KEBONMANIS 01 CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IMANNIA YULINDA COVER.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMANNIA YULINDA BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMANNIA YULINDA BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
IMANNIA YULINDA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] Text
IMANNIA YULINDA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
IMANNIA YULINDA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img]
Preview
Text
IMANIA YULINDA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
IMANNIA YULINDA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cakupan materi IPS yang luas serta minimnya penggunaan metode yang guru aplikasikan di kelas khususnya pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah merupakan suatu kendala yang dihadapi oleh siswa dalam meningkatkan motivasi dan salah satu sikap karakter bangsa yaitu tanggung jawab. Maka dari itu menurut hasil wawancara dengan guru dan hasil pengamatan peneliti terhadap aktivitas siswa perlu dilakukan adanya penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan tanggung jawab siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebonmanis 01, kecamatan Cilacap Utara, kabupaten Cilacap. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi siswa dan tanggung jawab siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah melalui model pembelajaran aktif dengan menggunakan metode crossword puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebonmanis 01 Cilacap yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan motivasi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek motivasi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata 3,1 dengan kriteria motivasi sedang. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kriteria motivasi tinggi. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan salah satu sikap karakter bangsa tersebut setiap siklusnya. Pada siklus I dengan skor rata-rata jawaban responden dan butir pernyataan pada angket tanggung jawab siswa sebanyak 3,9 dengan kriteria baik dalam penerapan sikap tanggung jawab siswa sedangkan pada siklus II diperoleh dari rata-rata skor jawaban responden dan butir pernyataan pada angket tanggung jawab siswa sebanyak 4,3 dengan kriteria sangat baik dalam penerapan sikap tanggung jawab siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif menggunakan metode crossword puzzle dapat meningkatkan motivasi dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi menghargai peninggalan sejarah di kelas IV SD N Kebonmanis 01 Cilacap tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: motivasi, tanggung jawab, metode crossword puzzle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:11
Last Modified: 17 Jan 2018 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7121

Actions (login required)

View Item View Item