P ENINGKAT AN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP BIOLOGI PADA MAT A PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII A SMP N EGERI 2 KEMBARAN

LESTARI, TRI (2012) P ENINGKAT AN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP BIOLOGI PADA MAT A PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII A SMP N EGERI 2 KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “ Peningkatan Aktivitas Belajar dalam Memahami Konsep Biologi pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Pembelajaran IPA Terpadu pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kembaran” dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 . Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam memahami konsep biologi pada mata pelajaran IPA menggunakan pendekatan pembelajaran IPA terpadu. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dengan jumlah 34 orang yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki – laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu peningkatan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar. Jumlah siswa yang aktif belajar siklus I, II, dan III yang mencapai sekurang – kurangnya kategori Baik, meliputi aktivitas mengamati suatu obyek secara berturut – turut sebanyak 81 %, 87 %, dan 89 %, mengaitkan secara berturut - turut 0 %, 8 %, dan 26 %, aktivitas diskusi secara berturut - turut 26 %, 24 %, dan 48 %, keterlibatan dalam kegiatan secara berturut – turut 14 %, 10 %, dan 24 %, mengkomunikasikan secara berturut - turut 5 %, 6 %, dan 25 % dan menyimpulkan secara berturut – turut 4 %, 8 %, dan 22 %. Meningkatnya aktivitas belajar dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar meliputi meningkatnya rata – rata nilai postes siklus I, II, dan III secara berturut - turut 46, 68, dan 80 dengan ketuntasan kelas secara berturut – turut 9 %, 48 %, dan 82 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran IPA terpadu dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam proses pembelajaran materi IPA pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kembaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd, M.Si dan Drs. Heri Maryanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, pemahaman konsep, pendekatan pembelajaran IPA terpadu.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:09
Last Modified: 17 Jan 2018 02:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item View Item