PENERAPANMETODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI POKOKGAYA DI KELASV SD NEGERI04 BANTARBOLANG

WIBOWO, HERU TRI (2011) PENERAPANMETODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI POKOKGAYA DI KELASV SD NEGERI04 BANTARBOLANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HERU T COVER.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERU T BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERU T BAB II.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
HERU T BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
HERU T BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
HERU T BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
HERU T DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
HERU TLAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatan keaktifan dan prestasi belajar IPA pada materi pokok bahasan gaya melalui metode inkuiri .Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Pengumpulan data diperoleh dari nara sumber terdiri dari guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Bantarbolang, Hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, tes tertulis. Teknik analisis data untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan presentase dan mencari X (nilai rata-rata). Teknik analisis data untuk mengukur keaktifan peserta didik dan guru digunakan pedoman observasi peserta didik dan guru selama proses pembelajaran berlangsung dari awal sampai akhir dan catatan lapangan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata– rata persentase keaktifan siswa pada studi awal 24,44 %,pada siklus I meningkat menjadi 42,22 %, pada siklus II meningkat menjadi 91,11% dan pada siklus III meningkat menjadi 100% Untuk nilai rata – rata kelas prestasi belajar siswa pada studi awal 54.44 dengan ketuntasan 22,22 % pada siklus I meningkat menjadi 58.67 dengan ketuntasan 46,67%, pada siklus II meningkat menjjadi 69.78 dengan ketuntasan 75,55%, dan pada siklus III meningkat menjadi 85.78 dengan ketuntasan 100%.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 04 Bantarbolang

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Isvasta Eka, M.Si, dan Subuh Anggoro, S.Pi,M.Pi.
Uncontrolled Keywords: IPA; Keaktifan; Prestasi Belajar; MetodeInkuiri;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:01
Last Modified: 17 Jan 2018 02:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item View Item