PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA DAN PROVINSI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS IVA SD NEGERI 2 PLIKEN

PURNANI, DITA GINTAR ISNA (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA DAN PROVINSI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS IVA SD NEGERI 2 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DITA GINTAR COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DITA GINTAR BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DITA GINTAR BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
DITA GINTAR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
DITA GINTARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
DITA GINTAR BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
DITA GINTAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
DITA GINTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pkn materi sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi melalui model mind mapping. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 2 Pliken yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data perilaku kreativitas siswa yaitu dengan menggunakan skala perilaku kreativitas siswa, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku kreativitas siswa pada siklus I diperoleh jumlah skor sebesar 830 dengan persentase 75, 45% sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 68, 18%. Kemudian hasil penelitian perilaku kreativitas siswa pada siklus II diperoleh jumlah skor 897 dengan persentase 81, 54% sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 93, 19%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Pkn dengan menggunakan model mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Pkn siswa kelas IVA SD Negeri 2 Pliken.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M. Pd dan Drs. Pamujo, M. M, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Prestasi belajar; Pkn; Mind Mapping;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:48
Last Modified: 17 Jan 2018 01:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item