PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI DENGAN BERORIENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

SARI, RATNA (2013) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI DENGAN BERORIENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui kevalidan hasil pengembangan LKS berbasis inkuiri dengan berorientasi kemandirian belajar materi bangun ruang untuk siswa kelas VIII SMP, 2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKS berbasis inkuiri dengan berorientasi kemandirian belajar materi bangun ruang untuk siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah model 4-D dari Thiagaradjan yang meliputi 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Dessiminate (penyebaran). Namun pengembangan LKS pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Pada pengembangan ini telah dihasilkan LKS berbasis inkuiri dengan berorientasi kemandirian belajar materi bangun ruang untuk siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan validasi dari kelima validator diperoleh kesimpulan bahwa LKS berada pada kriteria valid dengan rata – rata 3,21, sehingga LKS dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar. Sedangkan respon guru menunjukkan bahwa LKS termasuk dalam kriteria membantu dengan rata – rata 3,2 dan respon siswa menunjukkan bahwa siswa menjawab lebih dari 75 % dari jumlah nilai jawaban a dan b. Dengan de mikian LKS berbasis inkuiri dengan berorientasi kemandirian belajar materi bangun ruang untuk siswa kelas VIII SMP ini mendapat respon yang baik atau positif dari siswa dan dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M. Pd, dan Anton Jaelani, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: LKS, Model pembelajaran inkuiri, Kemandirian belajar, model pengembangan 4-D.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:04
Last Modified: 17 Jan 2018 01:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7108

Actions (login required)

View Item View Item