UPAYA MENINGKATKAN KEMAM PUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN CONGKLAK (DAKON) PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK KARTINI KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011 - 2012

CITRASARI, MELA DIYAN (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAM PUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN CONGKLAK (DAKON) PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK KARTINI KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011 - 2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak permainan congklak (Dakon) pada anak didik kelompok B TK Kartini Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap Semester Genap Tahun Ajaran 2011 -2012. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Kartini Cilacap Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap yang berjumlah 20 anak dan terdiri dari 10 anak putra dan 10 anak putri. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan dokumentasi berupa foto kegiatan. Penelitian ini dilakukan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) melalui sikus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama menggunakan RKH dan pada akhir siklus dilakukan refleksi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. H asil penelitian pada kondisi awal, anak yang sudah berkembang dengan sangat baik ada 3 anak atau 15%, sedangkan 4 anak atau 20 % sudah berkembang sesuai harapan, selanjutnya ada 3 anak 15 % mulai berkembang dan ada 10 anak atau 50 % belum berkembang sehingga masih perlu bimbingan guru. Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, keberhasilan anak semakin meningkat yaitu menjadi 7 anak atau 35 % berkembang sangat baik, lalu ada 3 anak 15% sudah berkembang sesuai harapan sedangkan sisanya yaitu 7 anak atau 35 % mulai berkembang, dan 3 anak 15% belum berkembang dan masih memerlukan bimbingan guru. Kemudian pada saat perbaikan dengan melaksanakan siklus II, kemampuan berhitung anak semakin meningkat menjadi 16 anak atau 80 % berkembang sangat baik, selebihnya yaitu ada 1 anak 5% masih baru mulai berkembang dan belum meningkat dari siklus sebelumnya. Adapun 3 anak 15% yang belum mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Tri Naimah, S.Psi, M.Si. dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Metode permainan congklak, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Jan 2018 00:52
Last Modified: 17 Jan 2018 00:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7105

Actions (login required)

View Item View Item