PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI KELAS V A SD NEGERI 1 BROBOT

PRAMESWORO, KUKUH FAJAR (2013) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI KELAS V A SD NEGERI 1 BROBOT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian di SD Negeri 1 Brobotdilatarbelakangi oleh rendahnya percaya diri dan prestasi belajar siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi. Tujuan dari penelitianini adalah untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi melalui Model Pembelajaran Artikulasi . Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 1Brobotdengan jumlah siswa 21 yang terdiri dari 14siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan.Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.Data hasil peningkatan percaya diri dan prestasi belajar siswa diperoleh dari angket dan tes evaluasi. Hasil angket percaya diri siswa pada siklus I memperoleh skor rata- rata 35,15 dan presentase70,3% dengan kriteria percaya diri siswa cukup dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 40,3 presentasi80,6% dengan kriteria percaya diri siswa baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 65% dan siklus II dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas V ASD Negeri 1Brobot.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd dan Drs. Sri Harmianto M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: percaya diri, prestasi belajar IPS, Model Pembelajaran Artikulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Jan 2018 00:36
Last Modified: 17 Jan 2018 00:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item View Item