IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN PROBEX (PREDICT – OBSERVE - EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AISAH, YEYEN NUR (2015) IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN PROBEX (PREDICT – OBSERVE - EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Yeyen Nur Aisah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yeyen Nur Aisah_BAB I.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yeyen Nur Aisah_BAB II.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
Yeyen Nur Aisah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
Yeyen Nur Aisah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Yeyen Nur Aisah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
Yeyen Nur Aisah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
Yeyen Nur Aisah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan desain pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan berpikir ilmiah siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jatilawang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian control group post-test desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H (kelas eksperimen) dan VIII D (kelas kontrol) SMP Negeri 1 Jatilawang dengan teknik pengambilan sample secara cluster random sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data keterampilan berpikir ilmiah siswa dan data prestasi hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi Pearson Product Moment dan One Sample t-Test melalui program SPSS 16.0 untuk mengetahui tingkat signifikansi pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara aktivitas keterampilan berpikir ilmiah siswa dengan hasil belajar biologi, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa yang terkait dengan aktivitas keterampilan berpikir ilmiah diperoleh persentase rata-rata yang bervariasi pada setiap kriteria. Keadaan tersebut memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai post-test mencapai 76,16, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,94. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir ilmiah siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jatilawang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Ilmiah, Desain Probex, Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:27
Last Modified: 16 Jan 2018 04:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item